Kamis, 25 Desember 2014

S.W.O.T




gambar 1 S.W.O.T

Pernahkah kalian mendengar atau mengetahui apakah S.W.O.T itu ? ya S.W.O.T itu berasal dari kata Strength(kekuatan), Weaknes(kelemahan), Opportunity(peluang), Threat(Ancaman).
banyak orang telah mengetahui dan bahkan menerapkan hal ini dimana pun dan kapanpun pada saat mereka mendirikan atau merencanakan suatu hal.

kali ini saya ada contoh kasus dimana S.W.O.T itu di terapkan.


1. Abraham adalah seorang Chief Information Officer (CIO) Perusahaan XYZ, yang memiliki volume penjualan perusahaan mencapai lebih dari $ 100 juta per tahun, melayani lebih dari 2300 pelanggan, dan mempekerjakan lebih dari 300 pegawai. Abraham telah menguasai seluruh kegiatan perusahaan dengan baik (memahami business strategy). Bersama dua orang asisten dia menganalisis semua kebutuhan informasi, yakni dengan meneliti semua socio-techno informasi yang ada di perusahaan, lalu membuat sebuah sistem pemrosesan data. Dilanjutkan dengan membeli piranti keras (hardware) komputernya dengan persetujuan dari manajemen. Ketika Sistem Informasi Manajemen (SIM) baru diinstalasi, dilakukan mutasi pegawai ke tugas-tugas baru, dan formulir-formulir serta prosedur-prosedur baru diperkenalkan kepada semua users di perusahaan tersebut. Alhasil, para pekerja menjadi bingung dan marah. Dalam waktu satu minggu suasana sudah menjadi kacau, meskipun instalasinya telah direncanakan dengan cermat oleh Abraham. Dimana letak kegagalan Abraham dalam persiapannya? Dan apa yang harus dilakukan Abraham sekarang?


Strength (kekuatan) : 
perusahaan itu mempuyai tingkat penjualan yang cukup besar mencapai $ 100 juta per tahun, melayani lebih dari 2300 pelanggan, dan mempekerjakan lebih dari 300 pegawai. terlebih lagi iya sudah menguasai strategi bisnis yang tidak semua orang atau perusahaan memiliknya.

 Weaknes (kelemahan) :
Dia salah untuk mengambil keputusan dan tidak dirundingkan terlebih dahulu pada rekan kerjanya sehingga mereka di mutasi ke tugas yang baru tanpa adanya survey atau training.

Opportunity (peluang) :
Peluang mereka untuk maju sangat besar karna mereka mempunyai cukup banyak pegawai dan penghasilan yang cukup banyak pertahunnya, apalagi ditambah dengan kemampuan yang dimilikinya yaitu  business strategy.

 Threat (Ancaman) :
Dimana ada sukses disitu ada kemungkinan akan kegagalan yang sangat besar pula. dimana pada zaman era sekarang ini persaingan semakin ketat, maka dari itu jangan sampai salah langkah atau salah mengambil keputusan. kapan saja bisa terancam bangkrut apalagi kalau tidak segera di tangani masalah yang ada di depan mata dengan segera.

Mungkin itu saja pendapat yang bisa saya publish kurang lebihnya saya mohon maaf :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar